7 Aplikasi Berbagi File Lewat WIFI untuk Android

Aktivitas berbagi file pada saat ini pastinya sangat sering dilakukan, baik itu berbagi aplikasi, gambar, musik, video dan lain sebagainya. Salah satu koneksi yang sering digunakan yaitu via bluetooth, untuk berbagi file dengan ukuran 8MB saja bisa menghabiskan kurang lebih 1 menit, kalau filenya lebih besar lagi misalnya 100MB atau 1GB maka bisa di bayangkan berapa waktu yang diperlukan untuk berbagi file tersebut.

Seiring munculnya ponsel android, yang tadinya berbagi file menggunakan infared atau bluetooth sekarang muncul metode baru yaitu dengan cara memanfaatkan koneksi wifi, dengan adanya metode baru tersebut, proses berbagi file menjadi lebih cepat sehingga berbagi file berukuran besar pun bukan menjadi suatu masalah lagi.

Adapun aplikasi berbagi file lewat wifi ini lumayan banyak di Play Store, namun admin hanya akan membahas 7 aplikasi saja yang di rasa memiliki tampilan yang user friendly atau ramah dengan pengguna. Untuk nama aplikasi-aplikasinya yaitu sebagai berikut:

1. Mi Drop / ShareMe
Aplikasi ini di buat oleh Xiaomi Inc. aplikasi ini pada awalnya bernama Mi Drop namun belakangan ini di ganti menjadi ShareMe oleh pihak Xiaomi. Walaupun di buat oleh Xiaomi, aplikasi ini bisa digunakan di semua ponsel, tidak terbatas pada ponsel buatannya saja.


Fitur-fitur:
- Hubungkan ke Komputer: Memungkinkan ponsel bisa terhubung dan mengakses file yang ada di komputer. Fitur ini menggunakan FTP untuk terhubung satu sama lain. Untuk menggunakan fitur ini, komputer tujuan harus berada pada jaringan yang sama dengan ponsel, caranya dengan komputer tujuan terhubung ke wifi yang dipancarkan oleh hotspot ponsel.
- Webshare: Memungkinkan pengguna untuk berbagi file via Web Browser tanpa harus menginstal aplikasi Mi Drop / ShareMe. Dengan syarat ponsel yang akan mengirim dan menerima file harus pada satu jaringan yang sama.
- Undang: Fitur ini memiki beberapa fungsi yaitu 1. mengundang ponsel lain untuk masuk ke jaringan yang sama untuk berbagi file. 2.Berbagi aplikasi Mi Drop / ShareMe via Bluetooth. 3. Berbagi Mi Drop / ShareMe via WhatsApp dan lain sebagainya.
- Mengirim / Menerima File atau Berkas: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Tanpa Iklan: Pada aplikasi ini tidak ada iklan yang mengganggu sehingga tidak akan mengurangi experience ketika berbagi file dengan ponsel lain.

2. SHAREit
Pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, aplikasi yang di buat oleh SHAREit Technologies Co.Ltd ini sudah lebih dari 1.000.000.000 kali unduhan di Play Store. Yang membuat aplikasi SHAREit berbeda dengan yang lainnya yaitu aplikasi ini menggabungkan aktivitas berbagi file dengan video hiburan, banyak sekali video trending atau video seru yang bisa di tonton, tapi video tersebut hanya bisa di tonton ketika dalam keadaan online.


Fitur-fitur:
- Sambungkan ke PC: Untuk menggunakan fitur tersebut, terlebih dahulu harus menginstal software PC SHAREit yang bisa di download di website www.ushareit.com pada komputer tujuan.
- Berbagi Dalam Grup: Memungkinkan pengguna untuk membuat grup atau masuk ke grup yang sudah ada untuk berbagi / bertukar file antar ponsel.
- Webshare: Memungkinkan pengguna untuk berbagi file via Web Browser tanpa harus menginstal aplikasi SHAREit. Dengan syarat ponsel yang akan mengirim dan menerima file harus pada satu jaringan yang sama.
- Zona Berbagi: Membuat daftar aplikasi yang ingin dibagikan secara otomatis kepada pengguna ponsel yang terhubung dengan ponsel pengirim / penerima.
- Mengirim / Menerima File atau Berkas: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Adanya Iklan: Bagi yang merasa terganggu dengan iklan yang ada di aplikasi ini, solusinya yaitu dengan cara mematikan koneksi internet ketika berbagi file atau bagi yang terganggu dengan notifikasi SHAREit bisa dengan mematikan notifikasi tersebut pada menu Pengaturan > Pengaturan Notifikasi lalu Klik pada Terima Notifikasi atau slider yang berwarna biru.

3. XShare
Aplikasi ini di buat oleh Shalltry Group dan sudah di unduh lebih dari 10.000.000 kali. Aplikasi ini memiki tampilan yang sederhana dan lebih fokus pada berbagi file hal itu bisa diketahui dengan tidak banyaknya fitur yang di sematkan pada aplikasi ini. Oh iya, pada saat admin tes aplikasi ini tidak bisa membaca Memori Eksternal dan 1 lagi kekurangannya yaitu tidak bisa mengirim folder itu artinya aplikasi XShare ini tidak terlalu cocok untuk berbagi folder atau data game android yang berisi banyak file.


Fitur-fitur:
- Mengirim / Menerima File atau Berkas: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Share App: Memungkinkan pengguna untuk berbagi aplikasi XShare dengan ponsel lain via bluetooth
- Adanya Iklan: Walaupun terdapat iklan pada aplikasi ini namun hal itu tidak terlalu mengganggu, dan masih nyaman meskipun berbagi file internet dalam keadaan aktif.

4. VIVO EasyShare
Aplikasi buatan VIVO ini sudah di unduh lebih dari 500.000 kali dengan rating 4.4 dan 769 ulasan. Aplikasi tersebut bisa dijalankan di semua merk ponsel.


Fitur-fitur:
- Penggantian: Memungkinkan pengguna untuk migrasi seluruh data dari ponsel lama ke ponsel baru.
- Berbagi Web: Memungkinkan pengguna untuk berbagi file via Web Browser tanpa harus menginstal aplikasi VIVO EasyShare. Dengan syarat ponsel yang akan mengirim dan menerima file harus pada satu jaringan yang sama.
- Undang Teman: Memungkinkan pengguna untuk berbagi aplikasi VIVO EasyShare via QR Code, Bluetooth, Hotspot, Facebook, Twitter, dan Sms.
- Mengirim / Menerima File atau Berkas: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Tanpa Iklan: Tidak ada iklan yang dapat mengganggu ketika proses berbagi file dengan ponsel lain.

5. Swift File Transfer
Swift File Transfer adalah salah satu pilihan berbagi file lainnya di android. Aplikasi yang sudah di unduh lebih dari 100.000 kali ini memiliki tampilan yang sederhana dan sangat ringan untuk dijalankan. Aplikasinya terakhir di update pada tanggal 12 september 2016 makanya jangan heran apabila pada os varian terbaru ada bug force close.


Fitur-fitur:
- Share App: Berbagi aplikasi Swift File Transfer via url, bluetooth, whatsapp, facebook dan lain-lain.
- Mengirim / Menerima File atau Berkas: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Tanpa Iklan: Tidak akan ada iklan yang mengganggu.

6. Apus File Manager
Ini adalah file manager multifungsi yang bisa juga di gunakan untuk berbagi file. Diantaranya banyak fitur yang bermanfaat seperti membersihkan file sampah, mengoptimalkan ram, menganalisa file yang berukuran besar dan lain-lain.


Fitur-fitur:
- Manajer File: Kemampuannya sama dengan manajer file pada umumnya seperti menyalin, memotong, menghapus, dan mengubah nama file.
- Pembersihan Sampah: Membersihkan sampah pada ponsel seperti menghapus folder yang kosong atau tidak terpakai, membersihkan sisa unduhan apk yang ada di memori, membersihkan thumbnail foto dan lain-lain.
- Pengoptimalan Ponsel: Membersihkan RAM ponsel dari aplikasi yang berjalan di latar belakang.
- Gambar Buram: Menampilkan daftar gambar berukuran kecil / buram yang direkomedasikan untuk di hapus.
- Berkas Besar: Menampilkan berkas berukuran besar yang mungkin tidak terpakai  dan direkomedasikan untuk di hapus.
- Temukan Aplikasi Tidak Terpakai: Menampilkan aplikasi yang jarang dipakai dan direkomedasikan untuk di hapus.
- Gambar Berulang: Menampilkan gambar yang memiliki nama dan ukuran yang sama dan direkomedasikan untuk di hapus.
- Transfer Turbo: Memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai berkas mulai dari dokumen, gambar, musik, video, dan aplikasi.
- Transmisi Halaman Web: Memungkinkan pengguna untuk berbagi file via Web Browser  tanpa harus menginstal aplikasi Apus File Manager. Dengan syarat ponsel yang akan mengirim dan menerima file harus pada satu jaringan yang sama.
- Kirim ke Teman: Berbagi aplikasi Apus File Manager dengan ponsel lain via bluetooth, hotspot, WhatsApp, Sms, dan E-mail.
- Smart Locker: Mengganti locker bawaan ponsel dengan beberapa fitur tambahan seperti pengoptimalan ponsel langsung dari layar kunci, akses langsung ke kamera dan info cuaca.
- Adanya Iklan: Adapun iklan pada aplikasi ini hanya muncul pada saat membuka aplikasi Apus File Manager dan ketika telah menggunakan suatu fitur tambahan yang ada di aplikasi Apus File Manager.

7. AnyTrans
Aplikasi ini di buat oleh iMobie Inc. dan telah di unduh lebih dari 50.000 kali di Play Store. Yang membedakan aplikasi AnyTrans dengan aplikasi berbagi file lainnya yaitu aplikasi AnyTrans mendukung berbagi file dari penyimpanan awan juga seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan iCloud.


Fitur-fitur:
- Connect to Computer: Memungkinkan pengguna ponsel untuk berbagi file ke komputer atau sebaliknya. Sebelum itu, komputer tujuan harus mengunduh softwarenya terlebih dahulu agar bisa terhubung. Untuk softwarenya  bisa di unduh disini https://www.imobie.com/anytrans/download.htm
- Connect to Phone: Memungkinkan pengguna berbagi file antar ponsel dengan syarat ponsel tujuan sudah menginstal aplikasi AnyTrans.
- Connect to Web: Menampilkan berkas ponsel pada layar komputer. Dengan ketentuan ponsel pengirim dan penerima harus ada dalam jaringan yang sama.
- Cloud: Memungkinkan pengguna untuk Upload/Download/Share dari penyimpanan awan Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan iCloud secara online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Aplikasi Berbagi File Lewat WIFI untuk Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel