Khasiat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Buah alpukat berkhasiat antikanker, aktioksidan, dan dapat mencegah cacat lahir.
Kandungan dalam buah alpukat dapat memperbaiki kualitas sperma sehingga bisa meningkatkan kesuburan pria.

Buah alpukat yang memiliki nama latin Persea Gratissima ini berasal dari Amerika Tengah, buahnya berbentuk bulat atau mirip bola, panjangnya 5 sampai 20 cm, warna kulitnya hijau atau hijau kekuningan, berbintik-bintik ungu atau ungu sama sekali, tergantung varietas. Buah alpukat tidak matang di pohon karena pematangannya terhambat oleh hormon yang di produksi daun, daging buahnya berwarna hijau pucat kekuningan.

Buah alpukat berbiji satu, bentuknya bulat seperti bola, diameter 2.5 sampai 5 cm, berwarna putih kemerahan. Buah alpukat yang sudah masak ditandai dengan warna kulit hijau tua tidak mengkilap dan bila dikocok akan berbunyi karena adanya benturan antara biji dengan daging buahnya.

Kandungan Nutrisi dan Zat Berkhasiat

Alpukat merupakan buah bergizi tinggi dengan sejumlah fitokimia seperti saponin, alkaloid, flavonoid (carotenoid lutein), tanin, asam folat, asam pantotenat, asam oleat (oleic acid), beta-sitosterol, lesitin, niasin, vitamin (B1, B2, B5, C, A, K, E, biotin), mineral (fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, zink, glutatione), dan serat. Buah alpukat berkalori tinggi, sekitar 90% kandungannya adalah lemak yang 80% di antaranya berupa oleic acid, yaitu lemak tidak jenuh tunggal yang memberi banyak keuntungan bagi kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol-LDL dan trigliserida serta membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid = MUFA) memiliki aktivitas antiradang dan aktioksidan yang bersama-sama dengan vitamin C, E, dan glitathione dapat melindungi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat timbunan kolesterol-LDL. Sisa lemak pada buah alpukat adalah lemak tidak jenuh majemuk (polyunsaturated fat). Kandungan beta-sitosterol dalam buah alpukat dapat mengurangi penyerapan kolestrol di usus yang berasal dari makanan.

Kandungan niasin pada buah alpukat juga mempengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase sehingga terjadi penurunan produksi VLDL di hati yang berakibat penurunan kolestrol total, kolestrol-LDL, dan trigliserida. Niasin juga dapat meningkatkan kolesterol-HDL. Kandungan asam folatnya mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang. Folat juga mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dengan cara menurunkan kadar homosistein, suatu asam amino yang berbahaya bagi pembuluh darah bila kadarnya terlalu tinggi.

Setiap 200g alpukat mengandung:
324 kalori, 74% air, 10g serat, 31g lemak, 15g karbohidrat, 4g protein, 22mg kalsium, 1.204mg kalium, 2mg zat besi, 1mg zink, 78mg magnesium, 82mg fosfor, 123 IU vitamin A, 16mg vitamin C, 0.2mg B1, 0.2mg B12, 0.5mg B6, 3mg vitamin E, 3.8mg niasin, dan 124mg folat.

Khasiat Buah Alpukat

Buаh аlрukаt bеrѕіfаt ѕеjuk, rasanya mаnіѕ, bergizi, mеmbаngun dаrаh, mеnghаrnоnіѕkаn hаtі, mеlumаѕ раru-раru dаn uѕuѕ. Buаh аlрukаt bеrkhаѕіаt menurunkan kаdаr trigliserida dаn kolesterol уаng tinggi, mеmреrkuаt dауа tаhаn tubuh ѕеhіnggа tidak mudаh tеrіnfеkѕі, mеlеbаrkаn pembuluh dаrаh (mild vasodilator) dan merelaksasi оtоt dі sekitar pembuluh dаrаh ѕеhіnggа menurunkan tеkаnаn darah, аntіjаmur, аntіkаnkеr, antioksidan, dаn mеnсеgаh сасаt lаhіr.

Buah alpukat digunakan untuk membantu penderita kolesterol tinggi, hipertensi dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Daging buah alpukat juga melembutkan, menyejukan, dan melindungi kulit (emollient) sehingga memperlambat proses penuaan, melindungi selaput lendir, kelenjar keringat, saraf, otot, dan sumsum tulang sehingga selalu dalam kondisi prima. Menurut penelitian terbaru, kandungan buah alpukat dapat memperbaiki kualitas sperma sehingga bisa meningkatkan kesuburan pria.

Daun buah alpukat yang pahit, kelat, bersifat astringen, berkhasiat meluruhkan kencing (diuretik), melarutkan batu ginjal (lithotriptik), dan bermanfaat menurunkan tekanan darah. Bijinya berkhasiat astringen, penghilang nyeri (analgesik), antiradang, dan menurunkan kadar gula dalam darah (hipoglikemik) sehingga bermanfaat bagi penderita diare dan kencing manis (diabetes melitus).

Buah masak, biji, daun, kulit kayu, dan minyak alpukat juga berkhasiat obat. Makan ½ sampai 1 daging buah alpukat ukuran sedang. Buah alpukat biasanya dimakan sebagai es campur, koktail, salad, di oleskan pada roti, dibuat jus, atau dihaluskan dan dicampur dalam saus, sup dan es krim. Untuk pemakaian luar, daging buah alpukat secukupnya di giling halus, dipakai untuk masker dan lulur guna melembutkan kulit, melumas kulit kepala dan rambut yang kering, merangsang pertumbuhan rambut, juga mempercepat penyembuhan luka (ulkus).

Penelitian dan Fakta Buah Alpukat

1. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang tinggi pada buah alpukat, yaitu asam oleat (oleic acid) merupakan lemak yang baik bagi penderita diabetes melitus.

2. Kandungan kalium buah alpukat cukup tinggi. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal yang kandungan kalium dalam darahnya sudah tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi buah alpukat.

3. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi bahan pangan tinggi kalium seperti buah alpukat dapat menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi dan penyakin lain yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke.

4. Baru-baru ini ditemukan senyawa kimia di dalam buah alpukat yang mempunyai khasiat antijamur yang kuat. Senyawa ini bekerja dengan menghambat perkembangan spora jamur. Khasiat ini membuat buah alpukat digunakan untuk pengobatan infeksi jamur di dalam tubuh maupun jamur pada kulit.

5. Tеh dаun аlрukаt bаіk untuk mеnghіlаngkаn sakit kepala, nуеrі lаmbung, bеngkаk раdа ѕаlurаn pernapasan, rasa nуеrі saraf (neuralgia), dаtаng haid yang tіdаk tеrаtur, dаn mеlаrutkаn batu gіnjаl.

6. Dаun alpukat mеmрunуаі аktіvіtаѕ аntіbаktеrі dаn menghambat реrtumbuhаn Stарhуlососсuѕ аurеuѕ strain A dаn B, Stарhуlососсuѕ Albuѕ, Pѕеudоmоnаѕ ѕр, Prоtеuѕ ѕр, Escherichia соlі, dan Bacillus subtilis (E.O Ognulаnѕ dаn E. Rаmѕtаd 1975).

7. Bila tidak segera di makan, daging buah alpukat yang berwarna hijau kekuningan akan berubah menjadi kecoklatan karena bereaksi terhadap udara. Hal ini tidak berbahaya, untuk mencegah perubahan warna tersebut, tambahkan sedikit perasan jeruk lemon.

Perhatian

1. Orang yang alergi terhadap lateks alami, bisa juga aleegi terhadap alpukat.

2. Bila sedang meminum obat pengencer darah, warfarin (Simarc-2), sebaiknya tidak mengkonsumsi alpukat. Walaupun belum diketahui penyebabnya, lemak natural pada buah alpukat pada sebagian orang dapat menghambat kerja obat warfarin. Pada penelitian dengan sampel terbatas di israel, makan ½ atau 1 buah alpukat menyebabkan kerja obat kurang efektif dan kembali normal setelah konsumsi buah alpukat dihentikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Buah Alpukat bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel