Skip to main content

Download Apk ePSXe Terbaru untuk Android

Playstation atau lebih dikenal dengan PSOne, PSX atau PS1 adalah sebuah konsol game grafis dari era 32-bit. Pertama kali di produksi pada tahun 1990 oleh Sony dan mulai di luncurkan secara perdana di jepang pada tanggal 3 desember 1994, di amerika tanggal 9 september 1995 dan di eropa pada tanggal 29 september 1995. Meskipun sudah bermunculan playstation-playstation generasi baru, tapi nyatanya masih banyak yang memainkan playstation generasi pertama tersebut, hal itu dapat di lihat dari banyaknya unduhan aplikasi emulator ePSXe di internet.

ePSXe sendiri adalah sebuah emulator playstation yang dapat dijalankan di berbagai platform diantaranya windows, linux, mac os, dan android. Pada sistem operasi android, aplikasi ePSXe telah di unduh lebih dari 1.000.000 kali unduhan. Itu artinya masih banyak yang belum bisa melupakan (move on) dari playstation generasi pertama tersebut. Emulatornya terbilang cukup bagus, banyak game yang dapat dijalankan meskipun pada beberapa game ditemui bug seperti menu yang tidak tampil, layar blank hitam, dan lain-lain. Namun hal tersebut masih bisa di atasi dengan mengganti setingan Video Renderer ke Hardware, OpenGL, atau Software yang dapat ditemukan di pengaturan ePSXe.

Fitur-fitur:
- Kompatibilitas tinggi dengan lebih dari 99% game playstation yang ada.
- Kecepatan yang bagus dan suara yang akurat.
- Di desain untuk ponsel dan tablet.
- Dapat dimainkan 1-4 pemain.
- Pilihan mode berbagi layar dengan pemain lain.
- Mendukung tombol layar sentuh.
- Pengaturan tombol hardware seperti Sony Xperia Play, Telepon dengan keyboard, Tombol game, serta gamepad bluetooth atau USB seperti WiiMote, Sixaxis, Xbox 360, Moga, Ipega dan analog stick.
- Mendukung peningkatan grafis OpenGL HD.
- Mendukung kode cheat.
- Dapat menyimpan data game serta dukungan terhadap memory card dari versi PC.

Tangkapan Layar


Versi Terbaru
2.0.11 (8.2MB) | Bios (230kb) | OpenGL Plugin) (422kb

Versi Lama
2.0.10 (7.5MB) | 2.0.9 (7.5MB) | 2.0.8 (5.5MB) | 2.0.7 (4.7MB) | 2.0.6 (4.8MB)

Cara Pemasangan

1. Instal apk ePSXe dan OpenGL Pluginnya secara biasa.
2. Apabila pemasangan dicekal, pergi ke pengaturan > keamanan > izinkan pemasangan dari sumber tidak dikenal. Setelah itu coba instal kembali.
3. Ekstrak file bios.zip lalu pindahkan scph1001.bin ke sdcard (memori internal) > epsxe > bios.

Cara Mengatur Aplikasi ePSXe

Untuk pengaturannya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

A. Buka aplikasi ePSXe lalu buka Pengaturan > Preferensi Bios, terus pilih Tampilkan logo PSX sehingga muncul tanda ceklis.

Hal tersebut berguna untuk menampilkan logo playstation di awal sebelum memulai permainannya. Untuk penampakannya, silakan lihat gambar berikut:

B. Buka Preferensi Layar, untuk ponsel layar besar pada menu Perbandingan Layar pilih Bentangkan atau LayarLebar sedangkan untuk tampilan gamenya lebih baik, pada menu Kedalaman Warna Layar pilih 32 (terbaik mdec). Apabila dengan setingan 32 (terbaik mdec) malah membuat gamenya menjadi berat, silakan kembalikan pengaturan Kedalaman Warna Layarnya ke awal yaitu ke 16 (tercepat)

C. Setingan Video

1. Perangkat
Buka Preferensi Video > Video Renderer > Perangkat, setelah itu pilih menu Resolusi Internal > x2 (Halus/Lambat). Pengaturan x2 (Halus/Lambat) dimaksudkan agar tampilannya tidak terlalu buruk (burik), apabila dengan setingan tersebut malah membuat gamenya menjadi berat, silakan kembalikan lagi ke x1 (Akurat). Kelebihan dari setingan ini yaitu kompatibel dengan game playstation apapun, tidak akan menemui bug layar blank hitam atau menu tidak muncul pada saat memainkan gamenya.

2. OpenGL
Pada Preferensi Video pilih Video Renderer > Pengaya OpenGL. Untuk urusan grafik, Pengaya OpenGL bisa di bilang memiliki tampilan paling bagus diantara pilihan video renderer lainnya. Namun bagi yang mengalami bug layar blank hitam atau menu yang tidak tampil pada sebagian game playstation, silakan kembalikan setingan video renderernya ke PeteOGL2 (beta) atau Perangkat untuk memainkan game yang mengalami bug tersebut.

3. PeteOGL2 (beta)
Pada Preferensi Video pilih Video Renderer > PeteOGL2 (beta). Ini adalah video renderer versi terbaru dari ePSXe, statusnya pun masih beta. Tapi meskipun begitu, waktu admin coba bermain beberapa game Playstation hasilnya cukup lancar dan kualitas grafiknya hampir mirip dengan Pengaya OpenGL. Oleh karena itu, admin sarankan untuk menjadikannya setingan default karena waktu admin coba bermain game playstation dengan setingan PeteOGL2 lebih sedikit menemui bug daripada ketika menggunakan Pengaya OpenGL.

D. UI Preferences
1. Mode Pengaya Permainan
Menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan daftar game pada saat akan memainkan game playstationnya. Untuk lebih jelas tentang perbedaannya silakan lihat gambar berikut:

Ambil Berkas

Detil Permainan

Daftar Permainan

Tampilan Bahasa
Menu ini berfungsi untuk mengganti bahasa, silakan pilih bahasa yang di mengerti / inginkan.

Oke demikianlah artikel tentang ePSXe, apabila ada yang kurang jelas silakan tanyakan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar